Tanda Tubuh Kurang Gizi

Tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas bila kebutuhan gizi terpenuhi dengan baik. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan asupan gizi harian tubuh. Jika tubuh mengalami kekurangan gizi, akan ada banyak masalah kesehatan, yang dapat menganggu kelancaran aktivitas Anda.
Berikut ini beberapa tanda yang akan terjadi pada tubuh, bila Anda mengalami kekurangan gizi.
Sering merasa lelah
Kelelahan adalah efek samping yang paling umum dari kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi juga dapat menyebabkan anemia. Anemia bisa menyebabkan wajah tampak pucat. Kelelahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan masalah jantung, depresi, atau penyakit tiroid. Jika Anda mengalami kelelahan yang berlebihan, sebaiknya Anda memperbaiki asupan gizi Anda. Konsumsilah suplemen bila perlu.
Rambut rapuh dan kering
Rambut rapuh bisa menandakan kurangnya asupan asam lemak esensial, protein, zat besi, dan nutrisi lainnya. Masalah rambut rontok biasanya juga dipengaruhi oleh faktor usia, tetapi jika rambut mulai rontok pada tingkatan yang tidak biasa, kemungkinan besar Anda benar-benar mengalami kekurangan gizi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi yang disebutkan di atas, untuk mengatasi masalah ini.
Kuku bergerigi atau berbentuk sendok
Seperti rambut, kuku juga dapat menjadi tanda peringatan awal dari masalah gizi tubuh. Kuku berbentuk sendok mengindikasikan bahwa tubuh Anda kekurangan zat besi. Masalah yang terlihat pada kuku juga dapat menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan seng, sebuah al yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh. Seng juga berperan penting dalam pembelahan sel dan pertumbuhan.
Masalah mulut
Retakan pada bibir dan peradangan di sudut mulut adalah peringatan bahwa tubuh Anda kekurangan riboflavin (B2) atau zat besi. Hal ini lebih mungkin terjadi pada mereka yang mengikuti diet vegan dan vegetarian, karena lebih sulit untuk mendapatkan cukup seng, besi, dan vitamin B12. Kekurangan zat besi dan vitamin B juga dapat menyebabkan lidah menjadi pucat dan bengkak, atau yang biasa dikenal dengan sindrom mulut terbakar.
Lemah tulang serta masalah kram
Kekurangan gizi juga dapat menyebabkan masalah tulang, seperti nyeri punggung yang terjadi terus menerus. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya asupan vitamin D dan kalsium. Selain itu kekurangan gizi juga bisa menyebabkan otot kram. Penuhi kebutuhan magnesium, kalsium, dan kalium tubuh Anda agar tidak lagi mengalami kram.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

six + four =