Cara Mengatasi Nyeri Otot

Nyeri otot merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi saat seseorang berolahraga. Semakin berat jenis olahraga dan lama durasi Anda berolahraga, maka otot akan bekerja semakin keras, sehingga berisiko untuk mengalami nyeri. Selain olahraga, beraktivitas terlalu berat juga dapat menimbulkan nyeri otot. Bila tidak segera ditangani, nyeri otot dapat menimbulkan cedera yang lebih parah.
Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi nyeri otot, yaitu:

Kompres
Mengompres dengan air dingin atau hangat adalah cara paling sederhana untuk mengatasi nyeri otot. Kompres dapat mengurangi pembengkakan dan merelaksasi otot. Untuk nyeri otot atau sendi pada lutut, bahu, atau siku, Anda bisa menggunakan kompres hangat. Sedangkan untuk pembengkakan, Anda bisa menggunakan kompres dingin. Kompreslah selama 20 menit.
Bergerak
Saat mengalami nyeri otot bukan berarti Anda hanya boleh berdiam diri. Diam tanpa beraktivitas justru dapat menyebabkan kekakuan, yang akan membuat otot Anda semakin terasa nyeri. Untuk meredakan nyeri otot cobalah untuk melakukan gerakan peregangan. Hal ini akan membantu meredakan ketegangan, kekakuan, dan menghentikan rasa sakit lebih cepat.
Penuhi kebutuhan cairan
Tubuh Anda kehilangan banyak cairan saat berolahraga. Maka penting bagi Anda untuk dapat menggantikan cairan yang terbuang. Cairan yang terpenuhi dapat mendukung kinerja otot dan jaringan di dalam tubuh.
Tidur
Nyeri otot terjadi akibat otot mengalami kerusakan, dan memerlukan waktu untuk pemulihan. Saat tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan, yang akan membantu pemulihan otot. Maka pastikan Anda cukup tidur saat sedang mengalami nyeri otot.
Makan buah
Konsumsilah buah-buahan, yang mengandung antioksidan. Antioksidan di dalam buah dapat membantu mengurangi nyeri otot dan rasa tidak nyaman. Buah dapat dijadikan cara alami yang efektif untuk mengatasi nyeri otot. Bahkan, mengonsumsi buah sebelum atau sesudah olahraga efektif untuk mencegah terjadinya nyeri otot.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

eight + 9 =