Sering Mimisan Tiba-tiba, Ini Penyebabnya!

Panik, mungkin menjadi sebuah kondisi yang paling menggambarkan ketika tiba-tiba keluar darah dari hidung kita. Ya, mimisan mungkin pernah dialami oleh sebagian besar orang.Mimisan terjadi ketika pembuluh darah yang berada di dalam hidung pecah, inilah mengapa darah bisa mengalir keluar dari lubang hidung atau ke dalam tenggorokan. Darah yang keluarpun tidak dapat dikendalikan, biasanya darah akan terus mengalir sampai sumber pendarahan teratasi.
Beberapa penyebab mimisan yang datang tiba-tiba pada orang dewasa ialah:
Cedera hidung
Jika Anda mengalami cedera pada bagian hidung Anda, ini akan memicu pendarahan akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Cedera juga dapat menyebabkan bergesernya septum atau sekat pemisah antara rongga hidung kanan dan kiri dan yang terparah retak atau patah tulang juga dapat terjadi.
Sinusitis
Peradangan pada area sinus juga dapat memengaruhi pembuluh darah di dalamnya. Peradangan ini juga akan membuat pembuluh darah melebar, sehingga terjadi ruam merah dan pembuluh darah rentan pecah.
Gangguan pembekuan darah
Ketika pembekuan darah gagal dilakukan oleh tubuh, maka risiko pendarahan dapat terjadi. Akibatnya, akan sangat sulit menghentikan pendarahan dan inilah yang menjadi akar penyebab seseorang mengalami mimisan berkepanjangan.
Tekanan darah tingggi
Meski bukan gejala atau akibat dari tekanan darah tinggi, namun kondisi ini dapat memperburuk atau memperparah pendarahan pada seserang yang tengah mengalami mimisan.
Genetik
Mimisan bisa juga disebabkan oleh faktor genetik di dalam keluarga, dan kondisi ini disebut telangiektasia hemoragik herediter (HHT). Meski jarang terjadi, HHT dapat memengarui pembuluh darah yang kemudian mengakibatkan mimisan berulang yang muncul tiba-tiba dan memburuk seiring waktu.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

3 × three =