Aturan Minum Saat Olahraga

Sering berolahraga terutama olahraga lari dibawah terik matahari? Berolahraga apalagi dibawah terika matahari tentu membuat Anda mudah sekali dahaga. Akan tetapi tahukah anda bahwa Anda tidak bisa sembarang minum saat olahragaAda aturan minum saat sebelum, ketika olahraga dan sesudah olahraga. Suhu normal manusia dewasa pada umumnya berkisar antara 36-37 derajat celcius. Suhu normal tersebut harus tetap terjaga agar proses metabolisme dalam tubuh berjalan baik. Pada saat anda melakukan kegiatan yang memerlukan fisik seperti olahraga, suhu tubuh Anda akan mencapai 40 derajat celcius. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kebutuhan energi bagi kerja otot. Peningkatan ini terjadi karena pembakaran karbohidrat dan lemak. Proses metabolisme pengubahan makanan menjadi energi ini yang akhirnya meningkatkan suhu tubuh.Untuk mengimbangi proses tersebut secara alami tubuh akan melakukan proses pelepasan panas tubuh yang salah satunya melalui keringat. Semakin tinggi suhu tubuh maka akan semakin banyak juga keringat yang akan dikeluarkan. Hal itu berarti semakin banyak pula cairan tubuh yang keluar yang terkadang bisa membuat anda merasa dahaga. Untuk itu anda harus menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dengan minum cukup air untuk menghindari dehidrasi. Berikut beberapa aturan mengonsumsi air sebelum dan saat olahraga.
Sebelum olahraga
Empat jam sebelum olahraga anda dianjurkan mengkonsumsi 500-600 ml air putih. Jika setelah 2 jam anda minum air anda tidak buang air kecil atau air kecil anda berwarna urine gelap berarti tubuh Anda sedang kekurangan cairan. Anda dianjurkan untuk minum air lagi sebanyak 3-5 ml/kg berat badan. Misalnya berat badan anda 60 kg, maka air yang diminum adalah 180-300 ml. Selanjutnya sekitar 15 menit sebelum latihan dianjurkan untuk kembali mengkonsumsi air putih antara 250 sampai 300 ml.
Saat olahraga
Ketika sudah mulai berolahraga air, yang dikonsumsi tergantung pada intensitas dan durasi olahraga. Sebagai contoh jika anda berolahraga kurang dari 60 menit, kebutuhan air minum sebanyak 100-250 ml setiap 20 menit.
Setelah olahraga
Setelah selesai melakukan aktifitas olahraga, cobalah timbang berat badan anda. Jika ada perbedaan berat badan antara sebelum dan sesudah olahraga berarti ada indikasi berkurangnya cairan tubuh. Jika hal ini terjadi minumlah air putih 600-700 ml untuk setiap 0,5 kg penurunan berat badan. Lakukan sedikit demi sedikit sampai berat badan anda kembali seperti saat sebelum melakukan olahraga.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

ten − 6 =