Penyebab Motor ‘Ngadat’ Usai Dicuci

Pemilik sepeda motor kerap kebingungan mesin motor menjadi sulit dinyalakan setelah dicuci. Padahal sebelumnya tidak ada tanda-tanda mesin motor ‘ngadat’.Untuk diketahui bahwa hal itu umum terjadi pada ‘kuda besi’. Namun ketika kendala ini berkali-kali terjadi setelah mencuci motor kesayangan tentu sangat menjengkelkan terlebih saat sedang terburu-buru.CNNIndonesia.com menyarankan untuk tidak panik dalam kondisi tersebut. Pemilik bisa melakukan pengecekan pada tiga komponen vital berikut. Cara ini setidaknya bisa membantu saat pengendara tidak menemukan bengkel di lokasi motor mogok.
Melakukan sendiri cara-cara di bawah ini butuh kunci pas. Oleh sebab itu jaga kelengkapan beberapa perkakas di jok sepeda motor.
1. Karburator
Air masuk ke ke dalam mangkuk karburator bisa saja terjadi. Karena komponen ini merupakan lokasi pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara. Oleh sebab itu keberadaan air tentu sangat mengganggu aktivitas pembakaran yang ada pada komponen tersebut.
Solusinya, buka mangkuk karburator, namun jangan lupa tutup keran bensin terlebih dahulu.
2. Kop busi
Kop busi motor juga bisa menjadi akar masalah pada motor mogok terkena air. Bagian ‘kepala’ yang menghubungkan antara kabel busi dengan busi itu memang cukup riskan kemasukan air.
Untuk membersihkannya, hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.
3. Sistem pengapian
Tidak hanya kop busi, bagian elektroda dari busi bisa saja menjadi lembab ketika motor dicuci. Jika mesin motor sulit dinyalakan, pastikan komponen ini dalam kondisi kering sembari mengecek sistem kelistrikan.
Pertama, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

sixteen − 10 =