Ajari Anak Etika Makan Sejak Dini

Etika ketika makan penting untuk diajarkan oleh orang tua kepada setiap anak. Karena etika seseorang ketika makan dapat memcerminkan sikap dan perilaku mereka. Dengan mengajarkan mereka etika makan, secara tidak langsung Anda juga menumbuhkan perilaku positif dalam hidup mereka. Berikut beberapa etika saat makan, yang bisa Anda ajarkan.
Perhatikan kebersihan tangan
Meskipun anak Anda tidak makan dengan tangan, tetapi ajarkan mereka untuk mencuci tangan sebelum makan. Hal ini berguna untuk menjaga kebersihan tangan anak.
Ambil makanan secukupnya
Ajarkan kepada mereka untuk mengambil makanan secukupnya. Pastikan juga anak Anda menghabiskan semua makanan yang ia ambil. Mengambil makanan secukupnya, juga dapat mencegah anak Anda mengalami kegemukan.
Makan perlahan
Ingatkan anak Anda untuk makan secara perlahan. Jangan memasukkan makanan terlalu banyak ke dalam mulut, karena hal tersebut bisa menyebabkan risiko tersedak. Selain itu, ajarkan mereka untuk tidak menimbulkan bunyi ketika mengunyah.
Perhatikan sekitar dan duduk tenang
Ajarkan dia untuk menawari makan seseorang yang mungkin ada di sekitarnya. Selain itu, Anda juga harus mengajarkan mereka untuk duduk dengan tenang ketika makan.
Rapikan peralatan makan
Setelah selesai makan, biasakan anak untuk membersihkan peralatan makan mereka, dan menaruhnya ke tempat piring kotor.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

1 × 2 =