Kenali Kondisi Gawat Darurat Pada Otak

Kondisi darurat sangat mungkin terjadi di bagian otak. Umumnya, kegawatdaruratan otak terjadi akibat cedera yang mengakibatkan benturan di kepala. Kondisi darurat pada otak berhubungan dengan empat faktor, yaitu trauma, vascular, tumor dan infeksi.Berikut beberapa kondisi darurat pada otak yang membutuhkan pertolongan segera:
1. Tumor otak
Ini ditandai dengan nyeri kepala hebat dan muntah. Beberapa pasien juga mengalami kejang dan penglihatan kabur bahkan buta. Tumor otak juga ditandai dengan karakteristik seperti tumor yang berdarah, hydrocephalus kronis dan otak bengkak.
2. Penyempitan atau penyumbatan vascular (pembuluh darah)
Penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah ditandai dengan nyeri kepala hebat secara tiba tiba dan disertai dengan muntah. Selain itu, terjadi juga kelemahan pada wajah, lengan dan kaki secara tiba tiba. Kondisi ini membuat pasien menjadi sulit berbicara dan terkadang terjadi penurunan kesadaran secara mendadak.
3. Infeksi otak atau peradangan otak
Ini biasanya ditandai dengan kondisi pasien yang demam, nyeri kepala yang disertai dengan muntah. Pasien juga mengalami kejang dan sulit untuk berbicara, atau bahkan berbicara tidak jelas. Karakteristik dari penyakit ini adalah hydrocephalus akut dan otak yang bengkak hebat. Infeksi otak ini biasanya disebabkan oleh bakteri atau virus. Jika kondisi seseorang tidak fit, kurang istirahat, maka ia akan mudah terkena infeksi otak ini. Jika ditangani dengan cepat dan tepat, maka pasien akan sembuh dengan cepat. Sebaliknya jika penanganannya terlambat, maka kondisi pasien bisa semakin tidak baik.
4. Trauma otak
Trauma otak bisa terjadi karena ada beberapa hal, seperti cedera akibat kecelakaan, terjatuh saat bermain, cedera saat berolahraga, kondisi cedera lain yang mengakibatkan benturan pada kepala, atau bahkan adanya benda tajam yang menembus tulang kepala. Penderitanya biasanya ditandai dengan kondisi pasien yang tidak sadar, dan atau berbicara tidak jelas. Kondisi ini sangat mungkin mengakibatkan perdarahan di bagian otak.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

seventeen + eight =