Ini Olahraga yang Aman Bagi Penderita Asma

Mengalami masalah kesehatan seperti asma bukan menjadi penghalang bagi seseorang untuk berolahraga. Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga juga dibutuhkan untuk membantu melatih pernapasan Anda. Namun, memang, beberapa jenis olahraga yang ekstrem dan intensitasnya tinggi bisa memicu kambuhnya asma. Oleh karena itu, sebelum berolahraga, pilih jenis olahraga yang tepat agar Anda tidak mengalami efek samping yang berbahaya.
Berikut ini beberapa jenis olahraga yang aman bagi penderita Asma.
Berenang
Selama berolahraga, seseorang akan bernapas lebih cepat sehingga menyebabkan saluran pernapasannya cepat kering. Dengan menghabiskan waktu di dalam air saat berenang, ada uap air yang masuk ke dalam saluran pernapasan yang dapat membuat saluran tersebut tidak cepat kering. Berenang juga dapat menstimulasi seluruh tubuh untuk bergerak. Namun pastikan Anda segera beristirahat saat sudah merasa lelah.
Senam
Olahraga kardio boleh dijalani, namun pilih yang tidak terlalu berat, seperti senam. Kini sudah ada gerakan senam khusus bagi para penderita asma dengan gerakan menyerupai aerobik, yang meski tidak bisa menghilangkan penyakit asma, namun bisa melatih kemampuan dalam bernapas. Pilihlah senam dengan gerakan yang lebih lambat agar tidak membebani pernapasan Anda.
Basket, sepak bola, bulu tangkis dan volley
Meski membutuhkan tenaga ekstra, olahraga ini juga baik untuk penderita asma yang ringan. Bahkan disarankan untuk dilakukan, karena saat menjalani olahraga tersebut, Anda akan berlatih menanggulangi asma selama berolahraga. Namun, untuk memastikannya, penderita asma perlu konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Jangan melakukannya bila dokter yang menangani Anda melarang Anda untuk melakukan olahraga ini.
Yoga, tai chi dan pilates
Olahraga ini jelas aman dan baik bagi penderita asma, karena olahraga ini berfokus pada pernapasan, namun dengan intensitas yang rendah, karena gerakannya tidak banyak yang membutuhkan lompatan dan lari. Melakukan olahraga ini secara rutin akan membuat Anda semakin terlatih dalam mengatur napas.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

4 + 9 =