Pengobatan Alami Atasi Perut Kembung

Kembung adalah suatu kondisi di mana perut tampak lebih mengembang dan terasa tidak nyaman sebagai akibat dari gas yang menumpuk di usus kecil. Kembung adalah indikasi ketika makanan yang Anda konsumsi tidak dicerna dengan benar. Beberapa alasan yang mendasari kondisi perut kembung perut adalah pola makan yang tidak baik, merokok, gangguan pencernaan, makan berlebihan, sembelit, intoleransi laktosa, alergi makanan dan premenstrual syndrome (PMS) pada wanita.
Perut kembung dapat dihindari dengan langkah-langkah sederhana, seperti mengunyah makanan dengan benar, menghindari asupan kopi dan teh berlebih, rutin berolahraga, dan lain-lain.
Menghindari konsumsi beberapa makanan tertentu yang bisa memicu gas di perut juga dapat membantu, misalnya kacang-kacangan, kol, atau wortel. Jika ada makanan yang bisa menyebabkan pembentukan gas di perut, maka adakah makanan yang dapat membantu mengatasi perut kembung? Tentu saja ada!
Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mengatasi perut kembung:
Jahe
Jahe sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang memiliki sifat penyembuhan. Khasiat dalam jahe bekerja sangat baik untuk mengobati perut kembung. Bahan aktif yang hadir dalam jahe seperti gingerol dan shogaol membantu meningkatkan kesehatan pencernaan sehingga mengurangi pembentukan gas di perut.
Peppermint
Minumlah secangkir teh peppermint tiap kali Anda merasa kembung dan mengalami kram perut. Selain membantu mengatasi masalah pencernaan, teh peppermint juga bisa membantu meringankan sakit kepala dan memperkuat sistem saraf.
labu
Mengonsumsi labu secara rutin, bisa membantu Anda terhindar dari pembentukan gas di perut dan masalah perut kembung. Labu kaya akan vitamin A. Kandungan kalium dan serat yang hadir di dalamnya, juga membantu menyehatkan pencernaan dengan mengurangi kembung.
Yoghurt
Menurut sebuah penelitian, bakteri yang ada dalam yoghurt dapat membantu memperlancar pencernaan, sehingga juga mengurangi risiko perut kembung. Ini merupakan salah satu cara termudah untuk meredakan perut kembung.
Lemon
Jika Anda kerap menderita perut kembung bahkan terjadi setiap hari, meminum segelas air hangat yang dicampur dengan beberapa tetes jus lemon di pagi hari menjadi salah satu cara yang efektif untuk meredakan perut kembung.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

19 + 4 =