Kebiasaan yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengasah Otak

Kecerdasan otak perlu dilatih setiap hari. Apalagi dengan pertambahan usia, kemampuan otak seseorang bisa saja menurun. Maka, diperlukan usaha yang maksimal untuk menjaga agar kinerja otak Anda tetap baik. Selain menerapkan pola makan sehat, ada beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak Anda.
Kebiasaan tersebut di antaranya adalah:
1. Memerhatikan berita terkini
Tidak perlu membaca semua halaman berita di koran, atau membaca semua berita yang dibagikan teman Anda di media sosial. Setidaknya, bacalah berita besar terkini yang sedang terjadi. Anda dapat membacanya dari berbagai media yang Anda suka. Hal tersebut sangat baik untuk membuat otak Anda tetap berfungsi. Wawasan Anda pun akan semakin bertambah.
2. Merapikan buku
Cobalah rapikan buku-buku di kamar Anda atau atur dokumen di dalam komputer Anda secara berkala. Mengatur hal-hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat otak Anda tetap berpikir. Hal ini juga dapat memudahkan Anda saat mencari buku atau dokumen yang Anda perlukan.
3. Mendengar dan bertanya
Saat sedang berada di dalam sebuah acara, dan bertemu dengan banyak orang, tidak ada salahnya untuk memulai pembicaraan terlebih dahulu. Anda dapat bertanya mengenai suatu hal yang menjadi keahlian lawan bicara Anda. Mendengarkan jawabannya dapat menambah pengetahuan dan kemampuan otak Anda.
4. Berdiri tegak
Bahasa tubuh memegang peranan besar saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Saat berdiri tegak, orang lain akan senang berbagi dengan Anda. Selain itu, Anda juga akan bersemangat untuk menyerap semua informasi yang diberikan oleh lawan bicara Anda. Berdiri tegak juga akan membantu agar postur tubuh Anda tetap terjaga.
5. Bermain games
Bermain games dengan durasi yang wajar, sejak lama dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak. Pilihlah permainan strategi atau yang berhubungan dengan angka. Dengan begitu, otak Anda akan terus bekerja dan semakin tajam. Beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak di antaranya adalah rubik, puzzle, dan sudoku.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

five − 3 =