Sering Kram Otot Kaki Ini Solusinya

Kram otot dapat terjadi karena posisi tidur tidak sesuai, sehingga otot tertarik cukup lama saat tidur. Hal ini menyebabkan saat bangun tidur otot terasa pegal/kram.
Kondisi ini dapat terjadi pada suhu ruangan hangat ataupun dingin. Kondisi ini biasanya dapat dicegah dengan rileksasi otot sebelum tidur, kemudian posisi tidur diusahakan senyaman mungkin. Bila sudah terjadi, saat bangun boleh melakukan sedikit stretching di daerah yang kram untuk mengurangi kram lebih parah.
Bila kram dirasakan di sendi-sendi tertentu dan dialami saat udara dingin, dapat disebabkan oleh jarangnya stretching atau aktivitas sendi-sendi tersebut, sehingga cairan sendi seolah-olah membeku. Kram baru akan hilang setelah melakukan sedikit stretching sendi, sehingga terjadi pelumasan sendi dan sendi kembali normal. Cairan sendi ini seperti pelumas, bersifat makin baik dalam menghaluskan pergerakan, bila sering digunakan. Cairan ini terdapat di semua celah sendi termasuk tulang belakang. Inilah alasan mengapa banyak anjuran untuk stretching tiap 20-30 menit setelah bertahan dalam 1 posisi.
Kram dapat pula disebabkan oleh beberapa jenis makanan, namun jarang berhubungan dengan suhu udara. Kondisi lainnya adalah kegemukan atau beberapa penyakit autoimun yang menyerang sendi.Jadi mulai sekarang yuk biasakan stretching di sela-sela aktivitas rutin.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

twelve − 6 =