Benarkah, Efektif Cegah Infeksi Covid-19 ?

Hingga saat ini pandemi Covid-19 yang menghantam Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Satu upaya maksimal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Namun selain itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga disebut-sebut sebagai langkah yang baik untuk mencegah penularan Covid-19. Sayangnya, saran tersebut belum memiliki bukti yang kuat.
Meski begitu, pada dasarnya obat kumur yang mengandung antiseptik atau antivirus memang mampu membantu menghilangkan bakteri yang memicu peradangan di dalam mulut. Sementara, peradangan di dalam mulut bisa menurunkan imunitas tubuh, dan membuat kita berisiko lebih besar terinfeksi virus, termasuk Covid-19. “Banyak yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena ini adalah pintu gerbang masuknya mikroorganisme bakteri maupun virus.” Begitu penuturan Ketua PB PDGI, Drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM dalam konferensi pers virtual bersama Johnson & Johnson Indonesia, Kamis (19/11/2020).
“Tentunya menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi kebiasaan baru di masa pandemi ini.” “Jadi tidak hanya menerapkan 3M saja, tetapi juga rutin menyikat gigi dan berkumur dua kali sehari,” sambung dia. Sri Hananto Seno lalu mengatakan, semua jenis obat kumur dapat dijadikan pilihan untuk membunuh bakteri dan kuman di mulut. Khususnya, karena sifatnya yang memang mencegah kuman masuk.
“Tetapi apabila ingin obat kumur yang lebih alami, bisa memakai yang mengandung bahan-bahan herbal,” imbuh dia. Baca juga: Ternyata, Banyak Khasiat dari Berkumur Air Garam Setelah menyikat gigi, berkumurlah selama setidaknya 30 detik agar setiap daerah sekitar mukosa tetap terjaga kebersihannya.

 

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

20 + fourteen =