Xi Jinping: Persahabatan China dan Rusia Sangat Kuat

Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin saling bertukar ucapan selamat Tahun Baru melalui sambungan telepon. Xi mengatakan, 2020 telah menjadi tahun yang belum pernah terjadi sebelumnya tidak hanya bagi China dan Rusia, tetapi juga untuk seluruh dunia. “Wabah pandemi Covid-19 telah membawa tantangan berat bagi kehidupan dan keamanan manusia dan berdampak besar pada ekonomi global,” kata Xi.
Dilansir dari CGTN, Senin (28/12/2020), Xi juga memuji kerja sama kedua negara dalam memerangi pandemi virus corona. Tahun depan menandai ulang tahun ke-20 penandatanganan Perjanjian China-Rusia tentang Good-neighborliness and Friendly Cooperation. Xi juga meminta kedua negara untuk memperingati hari jadi perjanjian tersebut sebagai kesempatan untuk mendorong kerja sama bilateral ke tingkat yang lebih tinggi. Dia menambahkan, China sedang membangun pola pembangunan baru dan mendorong reformasi dan keterbukaan pada titik awal yang lebih tinggi.
Xi juga mendesak kedua negara untuk memperkuat penyelarasan strategi pembangunan dan meningkatkan kerja sama dalam menyelenggarakan Tahun Inovasi Ilmiah dan Teknologi. Dia menekankan bahwa hubungan persahabatan antara China dan Rusia memiliki kekuatan pendorong internal yang kuat dengan nilai-nilai independen. Xi berujar, hubungan bilateral antar Beijing dan Moskwa harusnya tidak terpengaruh oleh perubahan situasi internasional. “Kerja sama strategis antara China dan Rusia dapat secara efektif menolak setiap upaya untuk menekan dan memecah belah kedua negara, dan menciptakan perisai yang kuat untuk menjaga keadilan dan keadilan internasional,” tegas Xi.
Di sisi lain, Putin menyatakan bahwa hubungan bilateral antara China dengan Rusia telah berkembang semakin mantap meski ada wabah Covid-19. Dia memuji Perjanjian China-Rusia tentang Good-neighborliness and Friendly Cooperation sebagai tonggak penting dalam hubungan antara kedua negara. Putin menambahkan, Rusia akan terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan kemitraan strategis komprehensif China-Rusia ke tingkatan yang lebih tinggi.
Putin juga berharap kedua negara dapat terus saling mendukung dalam isu-isu yang menjadi perhatian utama. Baik China dan Rusia diharapkan mampu meningkatkan koordinasi dan kerja sama strategis dalam urusan internasional untuk memberikan kontribusi bagi stabilitas global. Kedua pemimpin juga sepakat untuk terus menjaga komunikasi rutin dengan berbagai cara.

 

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

19 − 8 =