Daihatsu Recall 97.290 Unit Mobil

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall untuk kendaraan produksinya lantaran ada masalah fuel pump atau pompa bensin. Ada tiga model yang terkena dampak masalah fuel pump ini yaitu Xenia, Terios, dan Sirion. Jumlah unit yang masuk dalam kampanye ini mencapai 97.290 unit.
“Unit-unit ini sebenarnya terkenal tangguh di masyarakat. Ini image yang paling tidak sudah 16 tahun terbangun. Sejauh ini juga tidak ada masalah yang berarti. Tapi di semester I 2019, kita menerima 24 pelanggan kita yang mengeluhkan mesinnya mati atau tersendat. Dari hasil investigasi yang dilakukan, didapati bahwa masalahnya karena komponen fuel pump di dalamnya ada impeller, itu mengembang melebihi dari standar,” terang Executive Coordinator Technical Service Division ADM, Bambang Supriyadi dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (18/3/2021).
Beberapa keluhan yang disampaikan konsumen terkait masalah ini antara lain mengalami mesin mati dan sulit dihidupkan kembali. Ini terjadi pada saat mobil diparkir dan dalam kondisi cuaca panas, atau saat menunggu di lampu merah. Proses menghidupkan mesin baru bisa dilakukan sekitar 5-10 menit. Kemudian ada juga yang mengeluhkan mesinnya tidak bertenaga.
Untuk rincian model yang masuk dalam kampanye recall ini, Xenia sebanyak 53.246 unit yang diproduksi dari Oktober 2017 hingga Juni 2019, Terios 41.152 unit yang diproduksi dari Desember 2017 hingga Juni 2019, dan Sirion sebanyak 2.892 unit yang diproduksi Januari 2018 hingga September 2019.
Bambang menyampaikan, untuk konsumen pemilik ketiga model Daihatsu tersebut yang ingin mengetahui apakan unitnya terimbas recall atau tidak, mereka bisa melakukan pengecekan mandiri dari situs resmi Daihatsu dengan memasukkan nomor sasis, atau menghubungi Daihatsu Access. Setelah terkonfirmasi, konsumen akan diarahkan untuk booking dan datang ke bengkel untuk dilakukan penggantian bagian yang rusak tersebut.
“Perbaikannya memakan waktu sekitar 2 jam, dan seluruh proses penggantian gratis. Program ini juga melibatkan 160 bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia,” kata Bambang.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

eight − two =