Gejala Kanker Serviks yang Patut Anda Waspadai

Kanker serviks merupakan kanker yang terbentuk dalam jaringan serviks atau organ yang menghubungkan uterus dengan vagina. Faktor utama yang menjadi penyebab tumbuhnya kanker ini adalah infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Virus-virus ini ditularkan melalui hubungan seksual, baik oral maupun anal.
Orang yang memiliki risiko terhadap kanker ini adalah wanita yang sudah aktif secara seksual, wanita dengan pasangan lebih dari satu memiliki risiko yang lebih besar. Begitupun dengan wanita yang melakukan hubungan seks tanpa pelindung sebelum umur 16 tahun. Pada tahap dini, kanker serviks umumnya tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak orang yang tak menyadarinya.
Saat seorang wanita sudah mengeluhkan keputihan yang berbau atau perdarahan saat berhubungan seks, maka kanker tersebut sudah masuk ke tahap yang lebih parah yaitu stadium dua hingga empat. Saat memasuki tahap ini penyembuhan kanker serviks sudah lebih sulit. Itulah sebabnya, saat Anda mengalami gejala-gejala kanker serviks berikut, segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.
1. Perdarahan di vagina.
2. Sakit saat buang air kecil dan warna air seni yang terlihat keruh.
3. Konstipasi kronis dan perasaan kembung meskipun perut dalam keadaan kosong.
4. Nyeri saat berhubungan seks dan mengalami keputihan.
5. Salah satu kaki membengkak.
6. Mengalami kebocoran urin atau feses dari vagina.
Kanker ini tidak terjadi begitu saja. Perjalanannya cukup panjang, yaitu memerlukan waktu hingga empat sampai lima tahun, dihitung dari tahap menginfeksi hingga memasuki masa lesi prakanker –tahap sebelum menjadi kanker-, atau saat pertumbuhan sel mulai tidak normal. Sehingga, ada baiknya bila Anda rutin melakukan papsmear sebagai langkah pencegahan dini terhadap kanker ini, minimal satu tahun sekali.

Share this on

Tentang Pengarang

KOMENTAR

eleven − ten =